AKIBAT PEMANASAN GLOBAL (GLOBAL WARMING)


Pemanasan global yang terus menerus terjadi bisa mengakibatkan banyak kerusakan. Hal tersebut dapat membahayakan tumbuhan dan hewan yang hidup di laut. Hal ini juga bisa memaksa hewan dan tumbuhan di darat untuk pindah ke habitat baru. Pola cuaca bisa berubah, menyebabkan banjir, kekeringan, dan terjadinya badai yang merusak. Pemanasan global bisa mencairkan es kutub sehingga terjadi kenaikan permukaan air laut. Pada wilayah tertentu di dunia dapat menyebabkan penyebaran penyakit manusia, dan hasil panen bisa menurun.
  • Membahayakan Kehidupan Laut.

Melalui pemanasan global, air permukaan dari samudra dapat menjadi lebih hangat, meningkatkan tekanan pada ekosistem laut, seperti terumbu karang. Suhu air yang tinggi dapat menyebabkan proses kerusakan yang disebut "pemutihan karang". Ketika karang memutih, mereka mengusir ganggang yang memberikan warna dan makanan. Karang menjadi putih dan dapat kembali kecuali suhu air dingin. Ditambah lagi peningkatan suhu mempermudah penyebaran penyakit yang mempengaruhi makhluk laut.

  • Perubahan habitat.

Pergeseran luas mungkin terjadi di habitat alami hewan dan tumbuhan. Banyak spesies akan mengalami kesulitan hidup di daerah mereka sekarang tinggal. Misalnya, tanaman berbunga banyak yang tidak akan mekar tanpa jangka waktu yang cukup dingin musim dingin. Dan pendudukan manusia telah mengubah lanskap dalam cara-cara yang akan membuat habitat baru sulit dijangkau atau tidak tersedia sama sekali.

  • Perubahan Cuaca.

Kondisi cuaca yang ekstrim ini akan menjadi lebih sering dan karena itu lebih merusak. Perubahan pola curah hujan dapat meningkatkan banjir dan kekeringan baik di beberapa daerah. Angin topan dan badai lebih tropis lainnya mungkin terjadi, dan mereka bisa menjadi lebih kuat.

  • Naiknya permukaan laut.

Pemanasan global yang terjadi terus, selama berabad-abad, mencairkan sejumlah besar es dari daerah yang luas mencakup sebagian besar Barat Antartika. Akibatnya, permukaan laut akan naik di seluruh dunia. Banyak wilayah pantai akan mengalami banjir, erosi, hilangnya lahan basah, dan masuknya air laut ke wilayah air tawar. Tinggi permukaan air laut akan menenggelamkan beberapa kota pantai, negara kepulauan kecil, dan wilayah yang dihuni lainnya.

  • Ancaman terhadap kesehatan manusia.

Penyakit tropis, seperti malaria dan demam berdarah, dapat menyebar ke daerah yang lebih luas. Gelombang panas akan bertahan lama dan lebih tinggi dapat menyebabkan lebih banyak kematian dan penyakit. Banjir dan kekeringan dapat meningkatkan kelaparan dan kekurangan gizi.

  • Perubahan hasil panen.

Ada negara-negara yang mungkin mendapat manfaat positif dari peningkatan suhu dengan peningkatan hasil panen. Tetapi setiap peningkatan hasil bisa lebih dari diimbangi oleh penurunan yang disebabkan oleh kekeringan dan suhu yang lebih tinggi, khususnya jika jumlah pemanasan melebih beberapa derajat Celcius. Hasil panen di daerah tropis mungkin turun drastis karena suhu meningkat melebihi tolerasi tanaman.

Artikel Terkait :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer