DAMPAK KEBAKARAN HUTAN PADA PEMBUKAAN LAHAN DENGAN CARA MEMBAKAR



Selama ini kegiatan pembukaan lahan biasanya dilakukan dengan mengkombinasikan cara mekanis dan cara membakar sisa-sisa tebangan. Pembakaran lahan yang disengaja untuk pembukaan areal hutan bila tidak terkendali akan menimbulkan kebakaran hutan yang luas. Pembukaan lahan dengan cara membakar merupakan salah satu penyebab kebakaran hutan di Indonesia. Untuk menghemat biaya, ada perkebunan kelapa sawit yang melakukan pembukaan areal dengan cara membakar. Dampak dari kegiatan ini menghasilkan asap tebal dan api yang berujung pada terjadinya kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera.

Cara pembukaan lahan hutan dengan membakar yaitu setelah pohon ditebang sisa-sisa tebangan akan dibakar. Secara ekonomis kegiatan ini memberikan keuntungan karena waktu pelaksanaannya relatif cepat dan biayanya relatif murah, akan tetapi ditinjau dari aspek lingkungan sangat merugikan. Pembukaan lahan dengan cara membakar menyebabkan hal-hal sebagai berikut :
  • Gangguan asap, yang merugikan kesehatan dan kegiatan penebangan.
  • Tanah menjadi kering dan unsur-unsur mikro organisme didalam tanah mati
  • Pemborosan sumberdaya alam, yang dalam hal ini adalah kayu
  • Untuk kondisi tertentu apabila tidak dilakukan dengan hati-hati dapat menyebabkan kebakaran yang tak terkendali dan meluas.

Artikel Terkait :

DEFINISI TENTANG HUTAN :


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer