PENGERTIAN DAN DEFINISI HUTAN PANTAI


Pengertian dan Definisi dari Hutan Pantai adalah Hutan yang tumbuh dan berkembang di pesisir pantai, tidak dipengaruhi oleh iklim dan berada di atas garis pasang tertinggi.

Daerah pantai berpasir yang tidak terkena pengaruh "abrasi" biasanya dijumpai dua zona atau formasi yaitu formasi Pescaprae dan formasi Barringtonia.

Formasi pescaprae didominasi oleh tumbuhan yang merayap seperti Ipomoea pescaprae merupakan jenis tumbuhan yang banyak ditemui pada daerah pantai di Indonesia. Selain itu terdapat juga jenis Ipomea carnosa, Ipomoea denticulata, dan Ipomoea littoralis.

Di belakang formasi Pescaprae umumnya terdapat jenis Barringtonia asiatica sehingga Formasi ini disebut Formasi Barringtonia. Formasi Barringtonia inilah yang sebenarnya disebut sebagai vegetasi hutan pantai. Jenis-jenis yang sering terdapat daerah ini adalah Barringtonia asiatica, Casuarina equisetifolia, Terminalia catappa, Hibiscus tiliaceus, Calophyllum inophyllum, Hernandia peltata, Sterculia foetida, Manilkara kauki, Cocos nucifera, Pongamia pinnata, Premna Corymbosa, Premna obtusifolia, Pemphis acidula, Cordia subcordata L, Erythrina variegata, Guettarda speciosa, Pandanus bidur, Pandanus tectorius dan Nephrolepis biserrata.


Artikel Terkait :

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer