PENGERTIAN WEB HOSTING


Pengertian dan definisi web hosting berasal dari kata web dan host. Bila dilihat dalam kamus istilah host diterjemahkan menjadi tuan rumah atau menerima tamu. Tetapi dalam internet hosting merupakan suatu tempat penyimpanan file-file data atau server yang disediakan oleh suatu perusahaan layanan untuk disewakan. Istilah Web hosting merupakan sebuah bisnis atau jasa layanan teknologi internet penyediaan tempat penyimpanan file secara online, konektivitas jaringan dan layanan lain yang dibutuhkan untuk menyajikan file ke internet. Perusahaan yang menyediakan layanan webhosting disebut webhost, biasanya memberi informasi detail layanannya seperti kapasitas, data transfer dan konektivitas dalam suatu paket hosting.

Sebenarnya server webhosting adalah sebuah komputer biasa tetapi mempunyai kelebihan dari hardware dan software dasar untuk sebuah server, serta mempunyai kemampuan online 24 jam setiap hari atau sering disebut 24/7 artinya 24 jam 7 hari.

Macam dan jenis server atau hosting yang sering dipakai adalah:
  1. Shared Hosting adalah server hosting yang digunakan secara bersama-sama atau disharing. Di satu server ada terdapat lebih dari satu nama domain karena berbagai orang dapat memakainya. Dalam satu server hosting ada beberapa account, tetapi yang membedakan mereka antara account-account tersebut, masing-masing mempunyai username dan password.
  2. VPS singkatan dari Virtual Private Server atau Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Disebut virtual karena dimungkinkan untuk menginstall sistem operasi berbeda.
  3. Dedicated Server digunakan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Pada jenis ini penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
  4. Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
Untuk memilih Jasa Web Hosting yang baik perlu diperhatikan beberapa tips berikut ini. Jangan sampai salah memilih web hosting yang menyebabkan file-file yang sudah tersimpan hilang lenyap karena tidak profesionalnya pengelola jasa web hosting. Dibawah ini disajikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih web hosting :
  1. Perhatikan kebutuhan space dan bandwidth. Banyaknya artikel atau file baik itu berupa teks atau gambar yang akan disimpan memerlukan space tertentu. Banyaknya visitor dan besarnya file-file yang akan dilihat memerlukan bandwitdh yang memadai, jangan sampai bandwith yang tersedia tidak mencukupi sehingga website pada saat diakses tertera "Bandwidth Limit Exceeded". Bila sudah terlalu banyak pengunjung sehingga bandwitdh tidak memadai lagi silahkan pilih yang "Unlimited".
  2. Layanan dan fasilitas seperti software-software yang ada di hosting, misalnya softaculous atau Fantastico de luxe untuk menginstal CMS seperti wordpress atau Jomlaa, serta support dari jasa hosting yang siap membantu bila ada masalah atau kesulitan dengan website anda.
  3. Penargetan Pengunjung atau Visitor. Untuk visitor dari Indonesia pilih server IIX yang lokal untuk menghemat bandwidth. Untuk visitor global dari luar negeri terutama dari Amerika pilihlah Server US atau Amerika. Namun hal tersebut diatas tidak mutlak dilakukan.
  4. Menentukan harga yang sesuai. Bila untuk website pribadi biasa tentunya memilih paket hosting yang murah saja tidak perlu yang terlalu mahal mengingat pembiayaannya akan dilakukan tiap bulan atau tahun tergantung kontrak yang dilakukan.
Cara Menyewa Web Hosting
  1. Sebelum menyewa web hosting tentunya harus sudah mempunyai domain agar dapat dikoneksikan dengan hosting. Domain yang ada bisa didapat dari yang berbayar atau yang gratisan. Tetapi kalau belum punya domain tidak perlu khawatir karena biasanya jasa penyewaan hosting juga menyediakan jasa pendaftaran domain.
  2. Silahkan cek hosting-hosting mana saja yang sesuai dengan kapasitas yang akan dipakai. Cek kemampuan hosting paket-paket yang disediakan.Mencari jasa hosting bisa yang berada di Indonesia atau juga di luar negeri. Biasanya yang berada di luar negeri pembayaran sewa hostingnya menggunakan kartu kredit. Pembayaran Web Hosting Indonesia dapat juga menggunakan kartu kredit tetapi diberi kemudahan untuk melakukan pembayaran lewat transfer bank.
  3. Setelah memilih web hosting yang tepat, mungkin dari pencarian di Internet. Silahkan masuk pada bagian registrasi dari homepage jasa hosting. Kalau sudah mempunyai domain silahkan pilih saja jasa paket hostingnya, tetapi kalau belum ada pilih dulu domain yang akan dipergunakan.
  4. Silahkan cek ketersediaan nama domain, dan pilih paket hosting yang dikehendaki.
  5. Setelah memilih nama domain dan paket hosting silahkan masukkan ke dalam "keranjang belanja". Permintaan atau pesanan ini akan diverifikasi oleh penyedia jasa kemudian dikirim jumlah pembayaran yang harus dilakukan dan nomor rekening bank tujuan transfer.
  6. Setelah melakukan pembayaran, silahkan hubungi penyedia jasa hosting dan kirim bukti pembayaran yang sudah discan melalui email.
  7. Pembayaran yang dilakukan akan ditindaklanjuti dengan proses pendaftaran kemudian pengaktifan nama domain dan paket hosting yang dipilih.
  8. Setelah itu akan dikirim alamat url yang berisi "user dan password" untuk mengelola domain dan hosting tersebut. Silahkan daftar domain dan hosting disini >>>Daftar Domain - Sewa Hosting <<<
  9. Bila domain dan hosting berbayar merupakan suatu kesulitan, ada jalan keluarnya yaitu mempergunakan domain dan hosting gratis. Mau tau caranya??? silahkan baca "Cara membuat website menggunakan domain dan hosting gratis".

Artikel Terkait :

hosting hosting hosting

ENDEMIK DAERAH

JURNAL PENELITIAN

Paling Populer