PENGERTIAN DAN DEFINISI KEANEKARAGAMAN HAYATI


Pengertian dan Definisi Keanekaragaman hayati atau biological diversity (biodiversity) merupakan istilah yang mengacu pada berbagai kehidupan di bumi. Istilah Keanekaragaman mengandung arti berjenis-jenis atau bermacam-macam menunjukan adanya perbedaan yang satu dengan yang lain. Sedangkan istilah hayati adalah sesuatu yang hidup di alam ini. Sehingga Keanekaragaman hayati merupakan jenis-jenis makhluk hidup flora dan fauna yang terdapat di alam.

Secara umum, kajiannya menyangkut tiga tingkatan, yaitu: keanekaragaman genetik, keanekaragaman jenis, dan keanekaan ekosistem. Di alam, beranekaragam jenis hayati umumnya hidup dalam kondisi lingkungan tertentu, hasil interaksi antara jenis-jenis hayati (biotik) dengan faktor abiotik (antara lain tanah, udara, air, temperatur, kelembaban) di sekitarnya. Selanjutnya, sistem hubungan timbal balik antara jenis-jenis hayati dengan lingkungannya membentuk suatu sistem ekologi atau ekosistem.

Ekosistem di alam banyak ragamnya. Misalnya, ekosistem hutan, pesisir, lautan dan lain-lain. Berbagai ragam varietas, jenis atau pun ekosistem itu memberikan manfaat pada manusia. Oleh karenanya, semua itu perlu dikelola oleh manusia dengan sebaik-baiknya, agar berbagai keuntungan tersebut tidak punah. Salah satu caranya adalah dengan melakukan konservasi.

Artikel Terkait :

DEFINISI TENTANG HUTAN :



ENDEMIK DAERAH

JURNAL PENELITIAN

Paling Populer