DEFINISI DAN PENGERTIAN INTERNET


Definisi dan Pengertian Internet merupakan gabungan dari kata Interconnection dan Networking. Sehingga Internet dapat diartikan sebagai hubungan sejumlah komputer dengan berbagai spesifikasi tertentu membentuk sistem jaringan seluruh dunia (jaringan komputer global). Sedangkan yang mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini adalah protokol-protokol yang umum disebut TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) yang memastikan bahwa semua hubungan kerja dengan benar sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer ini. TCP/IP secara umum antara lain berfungsi untuk memilih rute terbaik transmisi data, memlih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengirim data, dan lain-lain. Untuk dapat mempergunakan Internet harus ada suatu ISP (Internet Service Provider) sebagai Penyelenggara Jasa Internet. Dengan memanfaatkan Internet, pemakai komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan memakai bersama informasi.
Selain harus ada ISP (Internet Service Provider) sebagai Penyelenggara Jasa Internet, untuk dapat mengakses perlu menggunakan suatu program aplikasi yang ada di dalam komputer seperti Windows, Linux, Mac, FreeBSD. Pada setiap sistem operasi tersebut terdapat protokol TCP/IP yang memungkinkan terjalinnya komunikasi.
Protokol TCP/IP tidak hanya ada pada sistem operasi saja. Pada kenyataanya, setiap perangkat keras yang terhubung dalam jaringan pasti mendukung penggunaan TCP/IP.
Dengan menggunakan Internet kita dapat terhubung dengan semua orang yang menggunakan fasilitas ini di seluruh dunia. Internet mempermudah kita mencari berbagai informasi baik untuk menyelesaikan tugas-tugas kita atau untuk mencari berbagai referensi mengenai masalah yang dihadapi. Selain itu Internet juga dipakai sebagai sarana hiburan, karena banyaknya penyedia jasa yang menyediakan situs yang berisi audio maupun video.


Artikel Terkait :

ENDEMIK DAERAH

JURNAL PENELITIAN

Paling Populer