SEJARAH INTERNET


Sejarah awal adanya internet bermula dari persaingan antara Amerika Serikat dan Uni Sovyet. Uni Sovyet meluncurkan sebuah satelit bernama Sputnik pada tahun 1957. Peluncuran Sputnik ini dirasakan sebagai ancaman oleh Amerika Serikat. Presiden Dwight D. Eisenhower menyatakan perlunya membangun sebuah teknologi yang membuat Amerika Serikat tetap sebagai negara superior. Kemudian dibentuklah sebuah badan yang disebut Advanced Research Projects Agency (ARPA). ARPA barnaung di bawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Departemen of Defense (DoD).

Pada tahun 1969 DoD memberikan tugas kepada ARPA untuk membangun sebuah mata rantai komunikasi antara DoD dengan militer yang tidak dapat disabotase oleh musuh mereka. Jaringan komunikasi yang diciptakan ini desebut ARPAnet. Pada awalnya ARPAnet hanya menghubungkan empat buah situs, yaitu:
  • Stanford Research Institute (SRI)
  • University of California at Santa Barbara (UCSB)
  • University of California at Los Angeles (UCLA)
  • University of Utah
Pada tahun 1970, penelitian yang dilakukan di Standford University menghasilkan sebuah protokol yang disebut TCP/IP (transmission Conyrol Protocol/Internet Protocol).

Jika Bahasa Inggris disepakati sebagai bahasa resmi yang digunakan dalam relasi internasional, maka TCP/IP merupakan bahasa yang dimengerti oleh jaringan komputer berbasis sistem operasi apapun.

Dengan demikian internet dapat diakses oleh mereka yang menggunakan Windows, Linux, Mac, FreeBSD, hingga sistem operasi yang kurang populer semacam BeOS, karena di setiap sistem operasi tersebut terdapat protokol TCP/IP yang memungkinkan mereka saling berkomunikasi.
Protokol TCP/IP tidak hanya ada pada sistem operasi saja. Pada kenyataanya, setiap perangkat keras yang terhubung dalam jaringan pasti mendukung penggunaan TCP/IP.


Artikel Terkait :




2 comments:

Pengertian dan Sejarah Internet said...

hmm ini toh sejarah awalnya internet, makasih ya

Intan Pertiwi said...

Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang sejarah Internet, semoga dapat saling melengkapi

Sejarah dan Perkembangan Internet di Indonesia dan Dunia (Lengkap)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer