Keuntungan Gunung Berapi



Walaupun letusan gunung berapi dapat menimbulkan korban jiwa dan harta tetapi ada beberapa keuntungan dengan adanya gunung berapi antara lain:
  1. Abu vulkanis yang dikeluarkan gunung api saat terjadi erupsi (letusan) dapat menyuburkan tanah pertanian karena banyak mengandung unsur hara untuk kebutuhan tanaman. Daerah-daerah yang mempunyai gunung berapi tempatnya subur seperti di Pulau Jawa.
  2. Material yang dikeluarkan gunung berapi saat terjadi letusan yang berupa pasir, kerikil, batu-batu besar, kesemuanya merupakan mineral industri yang dapat digunakan untuk bahan bangunan.
  3. Gunung berapi terbentuk dari keluarnya magma dari dalam bumi. Magma yang menuju permukaan bumi tersebut banyak membawa mineral logam, dan barang tambang lainnya. Oleh karena itu di daerah pegunungan dan gunung api banyak ditemukan bahan tambang.
  4. Adanya gunung berapi yang tinggi menyebabkan terjadinya hujan orografis, sehingga daerah itu menjadi daerah yang banyak hujan.
  5. Daerah yang bergunung berapi biasanya merupakan daerah tinggi, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai daerah hutan, perkebunan, dan daerah pariwisata.

No comments:

ENDEMIK DAERAH

JURNAL PENELITIAN

Paling Populer