KLASIFIKASI JENIS PLANKTON


Plankton merupakan mahluk tumbuhan atau hewan berukuran kecil yang hidupnya melayang-layang di dalam air dan selalu terbawa hanyut oleh arus. Pengertian dan definisi dari Plankton dikemukakan oleh Victor Hensen pada tahun 1887. Plankton merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani, “planktos” yang artinya "hanyut" atau "mengembara". Istilah dan Pengertian ini diberikan kepada jenis mahluk hidup tersebut karena selalu terbawa oleh pergerakan arus. Plankton tidak mempunyai kemampuan untuk berenang seperti "Nekton" yang aktif berenang bebas, misalnya ikan, udang, cumi-cumi, paus. Plankton adalah organisme atau jasad renik yang hidup bebas di perairan, seperti perairan tawar, payau, maupun laut.

Plankton terdiri dari mahluk hidup yang hidupnya sebagai hewan (Zooplankton) dan sebagai tumbuhan (Fitoplankton) yang dapat berfotosintesis sehingga berperan sebagai produsen. Plankton yang terdiri dari bermacam-macam jenis dapat diklasifikasikan menurut kategori seperti :

  1. fungsi,
  2. ukuran,
  3. daur hidup,
  4. sifat sebaran.

Sesuai penggolongan tersebut di atas maka dapat dibedakan jenis-jenis plankton, sehingga mempermudah dalam pengenalannya. Plankton merupakan organisme mikroskopik yang berada dalam air dan untuk melihatnya diperlukan mikroskop karena ukurannya yang kecil.



Artikel Terkait :

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer