PENGERTIAN DAN DEFINISI NEKTON


Pengertian dan Definisi dari Nekton adalah organisme-organisme bergerak yang terdapat pada perairan, baik itu air tawar maupun air laut. Nekton merupakan organisme perairan makroskopis yang hidupnya melayang di perairan. Arti dari kata “nekton” dikemukakan oleh Ernst Haeckel pada tahun 1890. Nekton berasal dari kata Bahasa Yunani yang berarti berenang. Ilmu yang mempelajari nekton disebut Nektologi, Sedangkan orang yang mempelajari ilmu tentang nekton disebut nektologis.

Pengertian dari nekton bahari adalah hewan-hewan nektonic yang tersebar di zona epipelagik pada laut terbuka. Nekton bahari merupakan organisme laut yang sangat bermanfaat bagi manusia terutama untuk perbaikan gizi dan peningkatan ekonomi. Tumpukan bangkai nekton merupakan bahan dasar bagi terbentuknya mineral laut seperti gas dan minyak bumi setelah mengalami proses panjang dalam jangka waktu ribuan bahkan jutaan tahun.

Beberapa jenis nekton yang dominan di perairan mangrove adalah jenis ikan blodok (Periopthalmus, sp), Bandeng (Canos-canos), Belanak (Mugil,sp), Kepiting bakau (Crustacea), Udang windu (Penaus monodon), Ular bakau (Boiga dendrophylla) dan beberapa jenis keong (Uca, sp). Untuk mengetahui kepadatan nekton di perairan mangrove, pengambilan nekton dilakukan dengan jaring atau wuwu, yaitu alat penangkap ikan berbentuk silindris sepanjang 1 meter dan luas sekitar 1,5 m3 dilengkapi pintu yang berfungsi sebagai penjerap (bisa masuk tetapi sulit untuk keluar). Kepadatan nekton adalah jumlah nekton persatuan luas wuwu. Indikator stabilitas ekosistem mangrove salah satunya adalah hadirnya jenis-jenis nekton. Oleh sebab itu perlu diketahui nilai keanekaragaman jenis. Formula yang digunakan untuk menghitung keanekaragaman jenis nekton sama dengan formula keanekaragaman jenis plankton, yaitu formula dari Simpson.



Artikel Terkait :

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer