PENGERTIAN ARTI DAN DEFINISI EKOLOGI

Pengertian dan Istilah Ekologi pertama kali diperkenalkan oleh Ernest Haeckel (1869), Kata EKOLOGI ini sebenarnya berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari dua kata masing-masing artinya:
Oikos artinya Tempat Tinggal (rumah)
Logos artinya  Ilmu, atau telaah

Dengan demikian definisi dari Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan sesamanya dan dengan lingkungannya.

Sedangkan Odum (1993) menyatakan bahwa ekologi adalah suatu studi tentang struktur dan fungsi ekosistem atau alam dan manusia sebagai bagiannya. Struktur Ekosistem menunjukkan suatu keadaan dari sistem ekologi pada waktu dan tempat tertentu termasuk keadaan densitas organisme, biomassa, penyebaran materi (unsur hara), energi, serta faktor-faktor fisik dan kimia lainnya yang menciptakan keadaan sistem tersebut.

Fungsi ekosistem menunjukkan hubungan sebab akibat yang terjadi secara keseluruhan antar komponen dalam sistem. Ini jelas membuktikan bahwa ekologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari seluruh pola hubungan timbal balik antara makhluk hidup yang satu dengan makhluk hidup lainnya, serta dengan semua komponen yang ada di sekitarnya.

Ruang lingkup Ekologi tidak lepas dari pembahasan Ekosistem dengan berbagai komponen penyusunnya, yaitu faktor abiotik dan biotik. Faktor abiotik antara lain suhu, air, kelembaban, cahaya, dan topografi, sedangkan faktor biotik adalah makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba. Ekologi juga berhubungan erat dengan tingkatan-tingkatan organisasi makhluk hidup, yaitu populasi, komunitas, dan ekosistem yang saling mempengaruhi dan merupakan suatu sistem yang menunjukkan kesatuan.

Artikel Terkait :

 

DOWNLOAD BUKU PULAU MARSEGU LEWAT FACEBOOK >>>

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer