PENGINDERAAN JAUH / REMOTE SENSING



Beberapa pengertian dan definisi dari penginderaan jauh atau remote sensing adalah sebagai berikut :

  1. Penginderaan jauh adalah pengambilan atau pengukuran data/informasi mengenai sifat dari sebuah fenomena, obyek atau benda dengan menggunakan sebuah alat perekam tanpa berhubungan langsung dengan bahan studi.
  2. Penginderaan jauh (remote sensing), yaitu penggunaan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapat diinterpretasikan sehingga menghasilkan informasi yang berguna (Curran, 1985 dalam Setiawan,2010).
  3. Penginderaan jauh (remote sensing), yaitu suatu pengukuran atau perolehan data pada objek di permukaan bumi dari satelit atau instrumen lain di atas jauh dari objek yang diindera (Colwell, 1984 dalam Setiawan,2010). Foto udara, citra satelit, dan citra radar adalah beberapa bentuk penginderaan jauh.
  4. Penginderaan jauh (remote sensing), yaitu ilmu untuk mendapatkan informasi mengenai permukaan bumi seperti lahan dan air dari citra yang diperoleh dari jarak jauh (Campbell, 1987 dalam Setiawan,2010). Hal ini biasanya berhubungan dengan pengukuran pantulan atau pancaran gelombang elektromagnetik.
Artikel Terkait :

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer