KOMUNIKASI DAN PENGUMPULAN DATA PENGINDERAAN JAUH


Pengiriman data yang dikumpulkan dari sebuah sistem penginderaan jauh kepada pemakai kadang-kadang harus dilakukan dengan sangat cepat. Oleh karena itu pengiriman, penerimaan, pemrosesan dan penyebaran data dari sebuah sensor satelit harus dirancang dengan teliti untuk memenuhi kebutuhan pemakai.

Pada groun-based platforms, pengiriman menggunakan sistem komunikasi groun-based seperti radio, tranmisi microwave atau jaringan komputer. Bisa juga data tersimpan pada platform untuk kemudian diambil secara manual. Pada aerial platforms, data biasanya disimpan on board dan diambil setelah pesawat mendarat. Dalam hal satellite platforms, data dikirim ke bumi yaitu kepada sebuah stasiun penerima. Berbagai cara transmisi yang dilakukan:
  1. Langsung kepada stsiun penerima yang ada dalam jangkauan,
  2. Disimpan on board dan dikirim pada saat stasiun penerima ada dalam jangkauan,
  3. Terus-menerus, yaitu pengiriman ke staiun penerima melalui komunikasi satelit berantai pada orbit bumi, atau
  4. Kombinasi dari cara-cara tersebut, Data diterima oleh stasiun penerima dalam bentuk format digital mentah. Kemudian data tersebut akan diproses untuk pengkoreksian sistematik, geometrik dan atmosferik dan dikonversi menjadi format standar. Data kemudian disimpan dalam tape, disk atan CD. Data biasanya disimpan di stasiun penerima dan pemeroses, sedangkan perpustakaan lengkap dari data biasanya dikelola oleh pemerintah ataupun perusahaan komersial yang berkepentingan.

Artikel Terkait :

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer