PENGERTIAN DAN DEFINISI TEGAKAN HUTAN


Pengertian dan Definisi Tegakan Hutan adalah suatu skala unit ekosistem hutan yang dapat diidentifikasi relatif lebih homogen. Komposisi, struktur, dan fungsi ekologis di dalam tegakan cukup mirip. Bentuk pengelolaan dan pemanfaatan dapat diterapkan secara seragam dan tidak ada perubahan parameter ekologi sesuai yang diinginkan.

Dalam kehutanan konvensional, "tegakan" sebagian besar ditentukan oleh karakteristik kayu, yang pada gilirannya didorong oleh variabel ekonomi jangka pendek . Namun, dalam rangka untuk merencanakan dan melaksanakan pemanfaatan hutan bertanggung jawab secara ekologis menggunakan pendekatan berbasis ekosistem, tegakan ditentukan dalam kaitannya dengan faktor-faktor ekosistem secara keseluruhan. Hal ini diperlukan untuk mempertahankan berfungsi hutan secara keseluruhan pada level tegakan dan lansekap.

Dengan kata lain, batas-batas tegakan tidak ditentukan oleh kriteria manajemn yang kaku seperti ukuran kayu dan kualitas kayu, tetapi oleh spektrum penuh parameter ekosistem yang telah dibentuk oleh pola gangguan alam dan yang mencerminkan pergerakan energi, unsur hara, air, dan hewan yang masuk dan keluar dari suatu ekosistem tertentu.

Pendekatan berbasis ekosistem harus selalu mempertimbangkan bahwa apa yang terjadi pada tegakan atau skala yang terlihat juga akan berdampak pada berbagai skala lainnya, dari lanskap sampai bagian terkecil.

DEFINISI TENTANG HUTAN :

.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer