Adapun tujuan pendidikan karakter bangsa adalah (Kemendiknas, 2010:7-9):
- mengembangkan potensi kalbu/nurani/afektif peserta didik sebagai manusia dan warganegara yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa;
- mengembangkan kebiasaan dan perilaku peserta didik yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa yang religius;
- menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik sebagai generasi penerus bangsa;
- mengembangkan kemampuan peserta didik menjadi manusia yang mandiri, kreatif, berwawasan kebangsaan; dan
- mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah sebagai lingkungan belajar yang aman, jujur, penuh kreativitas dan persahabatan, serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi dan penuh kekuatan (dignity).
SUMBER :
Oszaer.R, Notanubun.Z, Laurens.T, Tjiptabudy.J, Madubun.J, 2011.
MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERWAWASAN KEBANGSAAN DAN BERBASIS BUDAYA
LOKAL. BADAN PENERBIT FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PATTIMURA
(BPFP-UNPATTI), AMBON.
Artikel Terkait :
Artikel Terkait :
- DEFINISI DAN PENGERTIAN PENDIDIKAN
- DEFINISI DAN PENGERTIAN PENDIDIKAN KARAKTER
- FUNGSI PENDIDIKAN KARAKTER
- TUJUAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
- SUMBER-SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
- MELIHAT SEJARAH PENDIDIKAN TINGGI DI INDONESIA
- DEFINISI DAN PENGERTIAN PENDIDIKAN TINGGI
- DEFINISI DAN PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI
- UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL