PENGERTIAN BAJI

Pengertian Baji adalah suatu alat berbentuk seperti kapak dengan mata baji yang tajam.  Bagian punggung lebih tebal dari mata baji yang digunakan untuk membantu menentukan arah rebah pohon dan menghindarkan terjepitnya bila gergaji oleh pohon yang sedang ditebang, serta dapat memudahkan pekerjaan-pekerjaan dalam pembagian batang di hutan.

Alat tersebut dapat dibuat dari logam yang ringan dan kuat, campuran logam (alioy), ada juga yang dibuat dari gelas serat (fiberglass). Ada baji yang dibuat secara sederhana, yaitu dari batang atau cabang kayu yang terdapat di sekitar pohon yang akan ditebang. Hal ini banyak dijumpai di hutan jati di Jawa.



Baji yang dibuat dari kayu oleh penebang sendiri, tidak kuat dan lekas rusak. Jumlah dan ukuran baji yang digunakan, tergantung pada besar kecil pohon yang ditebangkan, serta posisi pohon terhadap arah rebah.

Makin besar diameternya dan makin miring berdirinya pohon tersebut, makin banyak dipelukan baji. Yaitu sampai sekitar 3-5 buah. Hal ini terutama terjadi pada arah rebah yang berlawanan dengan kemiringan pohon.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer