Pengertian TUMBUHAN BAWAH dan TUMBUHAN PENUTUP

Pengertian tumbuhan bawah adalah tumbuhan yang berupa tanaman herba dan semak serta tanaman rendah yang menutupi bagian bawah suatu kawasan hutan. Dengan demikian fungsi tanaman di sini adalah untuk menahan daya perusak butir butir hujan yang jatuh dan derasnya aliran air di atas permukaan tanah karena tumbuhan bawah menambah bahan organik tanah dan melakukan transfer yang memperbesar kemampuan tanah untuk menyerap dan menahan aliran air hujan yang jatuh.

 Tumbuhan bawah merupakan komunitas tumbuhan penyusun lantai hutan bagian bawah dekat permukaan tanah. Tumbuhan ini umumnya berupa rumput, herba, semak atau perdu rendah. Jenis-jenis vegetasi ini ada yang bersifat annual, biannual, atau perenial dengan bentuk hidup soliter, berumpun, tegak menjalar atau memanjat. Jenis-jenis yang menyusun tumbuhan bawah umumnya anggota dari suku-suku Poceae, Cyperaceae, araceae, asteraceae, paku-pakuan dan lain-lain.


Keanekaragaman spesies tumbuhan bawah dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti lingkungan seperti cahaya, kelembaban, pH tanah, tutupan tajuk dari pohon di sekitarnya, dan tingkat kompetisi dari masing-masing jenis. Di dalam hujan hujan tropis cahaya matahari yang masuk sampai pada lantai hutan sangat sedikit sekali karena terhalang oleh lapisan-lapisan tajuk pohon, sehingga tumbuhan bawah yang tumbuh dekat permukaan tanah kurang mendapat cahaya. Perbedaan bentang lahan, tanah, faktor iklim serta perbandingan keanekaragaman spesies vegetasi bawah, memperlihatkan banyak perbedaan, baik dalam kekayaan jenisnya maupun pertumbuhannya.

Tumbuhan bawah berfungsi sebagai penutup tanah dapat menjaga kelembaban sehingga proses dekomposisi dapat berlangsung lebih baik, sehingga dapat menyediakan unsur hara untuk pohon yang tumbuh di daerah tersebut. Siklus hara akan berlangsung sempurna dan guguran daun yang jatuh sebagai serasah akan dikembalikan lagi ke pohon dalam bentuk unsur hara yang sudah diuraikan oleh bakteri.

Sedangkan pengertian dan definisi dari tumbuhan penutup adalah semua tumbuhan atau tanaman yang umumnya di sengaja ditanam untuk menutup permukaan tanah dengan tujuan tertentu misalnya mengurangi atau memperlambat aliran permukaan dan erosi mempercepat produksi serasah dan mempercepat drainase tanah (transpirasi). Tumbuhan penutup dapat berbentuk sebagai tanaman musiman atau tanaman tahunan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer