Pengertian ASAM HUMIK atau HUMIC ACIDS

Pengertian dari asam humik atau humic acids adalah campuran bahan organik berwarna gelap yang mengendap setelah diasamkan dari suatu ekstrak humus yang alkalis encer.

Humid acid yang terkandung dalam humate bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah. Peranan humic acid bagi tanah adalah kaitannya dengan perubahan sifat-sifat tanah, yaitu sifat fisika, biologi, dan kimia tanah.

Pengertian lain dari asam humik adalah lapisan humus yang mempunyai sifat keasaman yang tinggi sifat kesamaan itu adalah akibat proses pencucian dari bahan bahan organik campuran yang berwarna gelap oleh air hujan.

Pada lapisan tanah hutan hujan tropis, humus terletak di bagian atas karena merupakan hasil dari proses pelapukan daun ranting batang yang jatuh ke tanah.

Humus sangat memegang penting dalam mekanisme siklus hara di dalam hutan hujan tropis. Sebagian besar unsur hara terdapat pada vegetasi, bila terjadi guguran daun, batang dan ranting akan terjadi proses pelapukan dan mineralisasi. Dari proses ini vegetasi bisa menyerap kembali unsur hara untuk dipergunakan dalam pertumbuhan.

Untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan tanaman Asam Humik sangat dibutuhkan. Ada dua proses penting yaitu: 
  • Peningkatan energi sel tanaman dan sebagai hasilnya adalah intensifikasi proses pertukaran ion. Sehingga mempercepat pertumbuhan sistem akar dan membuat akar lebih panjang.
  • Peningkatan penetrasibilitas (kemampuan penyerapan) membran sel tanaman. Memudahkan nutrisi untuk terserap ke dalam sel serta mempercepat proses pernapasan (respirasi) tanaman.
Pembentukan sistem akar yang kuat dan panjang memberikan efek yang baik tanaman. Daya serap dan jelajah akar semakin maksimal untuk mencari unsur hara dan nutrisi dalam tanah. Kemampuan sel tanaman dalam menyerap nutrisi semakin baik, sebagai akibat dari kapasitas tukar kation (KTK) humic acid sangat tinggi (hal ini terjadi karena penyerapan nutrisi oleh tanaman melalui mekanisme pertukaran ion).

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer