PENGERTIAN DAN DEFINISI GENOTIP DAN FENOTIP

Pengertian dan definisi dari GENOTIP atau GENOTIF atau GENOTIPE atau GENOTIPA adalah Komposisi pewarisan individu dengan atau tanpa ekspresi fenotip dari satu atau beberapa sifat. Klasifikasi gen dari komposisi tersebut dinyatakan dalam satu rumus. Genotip terutama ditentukan dari penampakan keturuanan atau kerabatnya. Interaksi Genotip dengan Lingkungannya membentuk FENOTIP.

Sedangkan Pengertian dari FENOTIP atau FENOTIF atau FENOTIPE atau FENOTIPA adalah Penampakan atau sifat yang nampak terlihat, menunjukan bentuk, dapat dideskripsi atau tingkat dari ekspresi karakter. Fenotip merupakan hasil dari interaksi Gen dan Lingkungan. Ekspresi total karakter suatu individu menjadi bahan pertimbangan dalam menjelaskan fenotip suatu individu. Bentuk fenotip yang serupa tidak selalu hasil perkawinan serupa.

Untuk lebih mudah dipahami Genotip itu berasal dari kata "gen" yang menentukan sifat dasar suatu makhluk hidup dan bersifat tetap. Gen itu tidak tampak oleh mata telanjang, jadi ditulis dengan menggunakan simbol huruf dari huruf paling depan dari sifat yang dimiliki oleh individu.  Contohnya untuk Genotip yang memiliki pasangan alela sama, misalnya BB atau bb, merupakan pasangan alela yang homozigot. Individu dengan genotip BB disebut homozigot dominan, sedangkan individu dengan genotip bb disebut homozigot resesif. Untuk genotip yang memiliki pasangan alela berbeda misal Bb, merupakan pasangan alela yang heterozigot.

Fenotip adalah "sifat yang tampak" pada suatu individu dan dapat diamati dengan panca indra, misalnya warna bunga merah, rambut keriting, tubuh besar, buah rasa manis, dan sebagainya. Fenotip merupakan perpaduan dari genotip dan faktor lingkungan. Sehingga suatu individu dengan fenotipe sama belum tentu mempunyai genotip sama.

Contohnya FENOTIP adalah Rambu Kerinting atau Sifat yang tampak oleh mata. Sedangkan GENOTIP-nya  dalam simbol, Misalnya  KK atau Kk.


Jadi bila dikemukan dalam rumus menjadi :

F  =   G   +   E

F = Fenotip
G = Genotip
E = Environment (Lingkungan).

No comments:

ENDEMIK DAERAH

JURNAL PENELITIAN

Paling Populer