BAHAN PEWARNA ALAMI

Bahan pewarna alami masih dipergunakan oleh industri batik sampai sekarang ini, sedangkan dalam industry tekstil lainnya, kebanyakan sudah menggunakan bahan pewarna sintetis. Bahan pewarna sintetis mudah didapat, banyak macamnya, mudah pemakaiannya, dan yang terpenting adalah sudah diketahui sifatnya.
Jenis pohon yang sering dipakai sebagai sumber pewarna batik adalah : Soga jambal (Peltophorum pterocarpum Backer). Bahan pewarna yang di ambi dari kulit kayu Ceriops cendellenana Am. Bewarna merah.


 Peltophorum pterocarpum Backer.

Bahan pewarna yang dambil dari kulit yang telah ditumbuk berwarna merah sawo. Soga tinggi yang di ambil dari kulit kayu  Ceriops candellenana Am. Berwarna merah. Soga tegaran yang diambil dari bagian kayu Cudrania javanenses Tec. Berwarna kuning.

Bahan lain tanaman yang dapat memberi warna pada pembatikan yaitu : soga Jawa, soga kenet, blendek trembolo, getah dari binatang Tachardia lacca Kerr. Yang hidup pada pohon kesambi (Schlechera Oleosa Merr, daun teh (Thea sinensis Linn) dan gambir ( Terra japonica).
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer