CIRI KHAS HUTAN HUJAN TROPIS


Hutan tropis tersebar di daerah beriklim tropis antara 23,27° LU dan 23,27° LS dan ditemukan tiga wilayah di dunia yang mempunyai hutan hujan tropis yaitu :
  • Hutan Hujan Amerika dengan luasan 400 juta ha,
  • Hutan Hujan Indo-Malayan dengan luas 250 juta ha dan
  • Hutan hujan Afrika dengan luas 180 juta ha.
Ciri khas dari hutan hujan tropis dapat diuraikan sebagai berikut :

a. Biodiversitas yang tinggi
Jenis tumbuhan penyusun hutan hujan tropis sangat beragam, dalam 1 ha bisa ditemui 100 spesies tumbuhan. Dari sekian banyak jenis yang ada baru sebagian kecil yang dikenali dan diketahui manfaatnya. Keanekaragaman ini tidak terjadi pada flora saja tetapi fauna penyusunnya juga beranekaragam. Ekosistem yang mempunyai keanekaragaman tinggi akan mempunyai stabilitas ekosistem yang mantap.

b. Siklus Hara Tertutup atau Close Nutrient Cycle
Hutan hujan tropis terlihat begitu megah dengan pohon-pohon besar dan kecil yang beragam. Namun sebenarnya hutan-hutan tersebut tumbuh di tanah yang kurang subur, sebagian besar unsur hara tersimpan pada vegetasi. Jika terjadi kerusakan hutan dengan penebangan kayu kemudian diangkut hasilnya maka sebagian besar unsur hara akan hilang dari hutan tersebut.

c. Kondisi Iklim Mikro yang stabil
Kondisi iklim di dalam hutan berbeda dengan di luarnya. Hal ini disebabkan karena faktor-faktor pembentuk iklilm (contohnya; angin, suhu, curah hujan, cahaya dan sebagainya) dipengaruhi oleh vegetasi penyusun hutan. Selama vegetasi hutan masih ada akan terbentuk kondisi iklim di dalam hutan relatif stabil (fluktuasi relatif kecil)

d. Spesifik Niche yang tinggi
Keberadaan jenis-jenis penyusun hutan hujan tropis, baik flora maupun fauna dapat hidup dengan baik kalau mereka ada dalam ekosistemnya. Misalnya suatu jenis anggrek hanya bisa tumbuh baik dengan penyusun hutan lainnya. Jika tumbuhan ini dipindahkan ke tempat lain, meski lingkungannya dibuat menyerupai lingkungan hutan hujan tropis tetapi kondisinya akan berbeda.

e. Produktivitas tinggi
Ekosistem hutan hujan tropis lebih tinggi produktivitasnya bila dibandingkan dengan ekosistem lain seperti lahan pertanian, padang rumput, hutan seumur dan lainnya. Hal ini terjadi karena kemampuan mempergunakan energi yang efisien ditunjang oleh jumlah air dan cahaya yang cukup.

Indonesia sebagai salah satu negara di dunia yang mempunyai hutan hujan tropis, harus tetap menjaga dan melestarikan hutan tersebut. Menurut ahli kehutanan, kerusakan hutan tropis di Indonesia mencapai 1,08 juta ha per tahun. Dari angka kerusakan hutan yang cukup tinggi diharapkan semua stake holder dapat berperan nyata untuk tetap memelihara hutan tropis kita yang dianggap sebagai paru-paru dunia. Selanjutnya >>>


Artikel Terkait :

HUTAN TANAMAN

hutan tanaman

Pengertian dan Definisi Hutan Tanaman adalah hutan yang dibangun dengan teknik silvikultur dan ditanami jenis-jenis tanaman tertentu untuk tujuan pelestarian lingkungan dan menjadi suplai bahan baku industri. Hutan tanaman yang dikelola dan diusahakan dapat dibagun oleh suatu lembaga ataupun perorangan.

Di Pulau Jawa dan Madura, Pengelolaan sumber daya hutan termasuk pembangunan hutan tanaman dikelola oleh suatu Badan Usaha Milik Negara berbentuk Perusahaan Umum yang disebut Perhutani. Telah diketahui dengan luas bahwa hutan tanaman di pulau Jawa didomimasi oleh jenis tanaman Jati (Tectona grandis) dan merupakan sisa peninggalan jaman penjajahan Belanda. Hutan-hutan tanaman ini masih terus dikelola oleh Perhutani untuk memproduksi kayu bahan baku Industri.

Pada pekarangan dan lahan-lahan milik rakyat dapat ditanami jenis-jenis pohon hutan yang dijadikan hutan tanaman. Hutan tanaman seperti ini ditanam oleh perorangan atau kelompok masyarakat sebagai suatu usaha meningkatkan pendapatan. Pembuatan hutan tanaman yang dilakukan biasanya ditumpangsarikan dengan tanaman pertanian atau lebih dikenal dengan istilah "Agroforestri".

Hutan Tanaman yang diperuntukan sebagai penghasil bahan baku Industri dinamakan Hutan Tanaman Industri. Hutan tanaman dapat ditanam secara monokultur atau polikultur. Penanaman secara monokultur hanya mempergunakan satu jenis tanaman, sedangkan secara polikultur mempergunakan berbagai jenis tanaman.

Bebrapa manfaat dan tujuan pembangunan hutan tanaman dapat dijelaskan sebagai berikut :

  • Sebagai pemasok bahan baku bagi kebutuhan industri hasil hutan.
  • Memperbaiki lingkungan hidup agar menjadi sehat dan lestari
  • Meningkatkan produktivitas lahan dan hutan
  • Meningkatkan pendapatan masyarakat setempat
  • Memperluas lapangan kerja.

Artikel Terkait :

SISTEM MONOSIKLIS


Sistem monosiklis adalah suatu sistem pemungutan hasil atau pemanenan yang dilaksanakan setelah umur tegakan berada pada akhir daur. Selama masih dalam daur hanya dilaksanakan tebang pemeliharaan yang tidak memberikan hasil secara ekonomi.

Sistem monosiklis sekarang sangat jarang digunakan dalam pengelolaan hutan hujan tropis. Namun dengan adanya kecenderungan pemanfaatan hutan yang intensif dan terpelihara sebagai akibat semakin sempitnya areal hutan, elemen kerja dari sistem monosiklis dihidupkan kembali.

Jangka waktu pemanenan atau rotasi tebang yang sangat panjang merupakan kelebihan utama dari sistem ini. Contoh dari sistem monosiklis ini, antara lain :
  • Malayan Uniform System, diterapkan di Malaysia
  • Tropical Shelterwood System, diterapkan di Nigeria dan Ghana
  • High Shade Shelterwood System, diterapkan di Trinidad
  • Andaman Canopy Lifting System, diterapkan di Kepulauan Andaman.


Artikel Terkait :

Definisi Tentang Hutan :

.:: HUTAN ::. PENGERTIAN | FUNGSI | MANFAAT | NILAI | KERUSAKAN


Sudahkah anda pergi ke Hutan? Jika pernah apa yang dirasakan disana. Pengertian hutan sendiri memberikan makna suatu yang beragam. Ada yang takut kalau mendengar istilah hutan karena menyangkut suatu yang menyeramkan, banyak binatang buas dan terisolasi jauh dari keramaian. Namun hutan tidaklah seperti yang dibayangkan. Hutan dengan pohon-pohon yang sejuk dimana terdapat batang, cabang, ranting dan daun sebagai bagian-bagian suatu pohon yang membuat tampak indah.
Definisi dari hutan merupakan suatu areal yang luas ditumbuhi dengan pohon-pohon. Namun hutan bukan sekedar pohon saja, di dalamnya terdapat tumbuhan yang lebih kecil dan sederhana seperti lumut, semak, dan bunga-bungaan hutan. Selain itu terdapat berbagai jenis burung, serangga, dan satwa lainnya yang menjadikan hutan sebagai tempat hidupnya. Begitu makhluk kecil yang hanya dapat dilihat di bawah mikroskop juga menjadikan hutan sebagai tempat hidupnya.

Iklim, tanah, dan air mempengaruhi macam jenis tumbuhan dan hewan yang dapat hidup di hutan tersebut. Makhluk hidup dan lingkungannya bersama-sama membentuk ekosistem hutan. Ekosistem terdiri dari semua makhluk hidup (biotik) dan tak hidup (abiotik) di daerah tertentu diamana terjadi hubungan ketergantungan di antara mereka.



Ekosistem hutan merupakan suatu ekosistem yang sangat kompleks. Pohon-pohon dan tumbuhan hijau lainnya menggunakan sinar matahari untuk memproduksikan makanannya sendiri dari udara, air dan mineral dalam tanah. Tumbuhan merupakan sumber makanan bagi hewan tertentu. Hewan ini, pada gilirannya, akan dimakan oleh hewan lain. Setelah tumbuhan dan hewan mati, jasadnya diuraikan oleh bakteri dan organisme lain, seperti protozoa dan jamur. Proses ini menjadi manfaat mengembalikan mineral kepada tanah, di mana dapat kembali digunakan oleh tumbuhan untuk memproduksikan makanannya.

Walaupun ada kematian individu dari komponen ekosistem, tetapi hutan itu sendiri bertahan hidup. Jika hutan tersebut dikelola dengan bijaksana, maka menyediakan sumber kayu terus menerus dan banyak produk lainnya.
Sebelum manusia mulai membuka hutan untuk ladang pertanian dan perkotaan, hutan tersebar mencakup sekitar 60 persen dari luas daratan bumi.
Saat ini hutan yang tersisa hanya sekitar 30 persen dari luas lahan di muka bumi. Hutan sangat bermacam-macam dari satu bagian bumi ke bagian bumi yang lain. Misalnya hutan hujan tropika di Asia Tenggara dengan hutan pinus di Amerika Utara.

Pentingnya Hutan

Hutan selalu memberikan manfaat dan arti yang sangat penting bagi manusia. Manusia purbakala mendapat makanan mereka dengan cara berburu dan mengumpulkan bahan dari tumbuhan hutan. Banyak dari orang hidup di dalam hutan dan merupakan bagian dari alam itu. Dengan perkembangan peradaban, orang-orang mulai menetap di kota. Tetapi tetap saja mereka masih pergi ke hutan untuk berburu dan mengambil produk kayu dari hutan.

Saat ini ketergantungan manusia terhadap hutan semakin dirasakan. Beberapa nilai hutan yang memberikan manfaat untuk kehidupan manusia sebagai berikut:
  1. nilai ekonomi,
  2. nilai lingkungan, dan
  3. nilai kepuasan.
Ilmu kehutanan mempelajari bagaimana meningkatkan dan melestarikan nilai-nilai tersebut dengan cara pengelolaan yang bijaksana dari lahan hutan.
  • Nilai Ekonomis.
Fungsi Hutan dalam menyediakan banyak produk. Kayu dari pohon hutan menyediakan lembaran kayu, kayu lapis, rel kereta, dan kayu olahan. Kayu juga digunakan dalam pembuatan mebel, alat pegangan, dan ribuan produk lainnya. Di beberapa bagian dunia, kayu berfungsi sebagai bahan bakar utama untuk memasak.

Berbagai proses manufaktur mengubah kayu menjadi sejumlah besar produk yang berbeda. Kertas merupakan salah satu produk yang paling berharga terbuat dari kayu. Produk kayu olahan lainnya termasuk plywood, papan serat, panel-panel kayu dan lain-lain.

Hutan menyediakan produk penting selain kayu. Lateks, yang digunakan dalam membuat karet, terpentin dan berasal dari pohon hutan. Berbagai lemak, perekat, minyak, dan lilin yang digunakan dalam pabrik juga dihasilkan dari pohon. Dalam beberapa komunitas masyarakat primitif, tumbuhan dan hewan hutan sebagai penyedia makanan utama mereka.

Tidak seperti kebanyakan sumber daya alam lainnya, seperti batu bara, minyak bumi, dan mineral tambang, sumber daya hutan dapat diperbaharui. Selama masih ada hutan, orang dapat mengandalkan sumber-sumber hasil hutan.
  • Nilai Lingkungan.
Hutan-hutan yang ada membantu memelihara dan meningkatkan kelestarian lingkungan dalam beberapa cara. contohnya, tanah hutan menyimpan sejumlah besar air dari curah hujan. Dengan demikian mencegah limpasan air yang cepat yang dapat menyebabkan erosi dan banjir. Selain itu, hujan disaring saat melewati tanah dan menjadi air tanah. Air tanah mengalir melalui tanah dan menyediakan sumber air bersih untuk memberikan fungsi sungai, danau, dan sumur. Dari penjelasan di atas dapat dipahami fungsi orologis hutan sebagai pengatur tata air, yang memungkinkan tidak terjadi banjir pada musim hujan dan kekeringan pada musim kemarau.

Tumbuhan hutan, seperti semua tumbuhan hijau, membantu memperbaharui atmosfer. Pohon dan tumbuhan hijau lainnya memproduksikan makanan, dan menghasilkan oksigen. Tumbuhan hijau juga menyerap karbon dioksida dari udara. Manusia dan hampir semua makhluk hidup lainnya membutuhkan oksigen. Jika tumbuhan hijau tidak terus menerus memberikan persediaan oksigen, hampir semua kehidupan dibumi akan punah. Jika karbondioksida terus meningkat di atmosfer maka akan mengakibatkan perubahan iklim bumi.

Hutan juga merupakan habitat bagi banyak tumbuhan dan satwa yang dapat hidup di tempat lain. Tanpa hutan, berbagai jenis satwa tidak bertahan hidup.

http://www.higgiblog.com/wp-content/uploads/2010/02/ecotourism1.jpg

  • Nilai Kepuasan dan Estetika.
Keindahan alam dan ketenangan di dalam hutan memberikan sesuatu yang khusus dari nilai kepuasan. Kawasan hutan yang sangat luas telah dijadikan sarana untuk nilai kepuasan masyarakat. Banyak orang menggunakan hutan untuk kegiatan seperti berkemah, mendaki gunung, dan perburuan. Lainnya mengunjungi hutan untuk menikmati pemandangan dan bersantai dalam keindahan hutan yang tenang.


Kerusakan Hutan
Aktivitas manusia memiliki dampak luar biasa pada hutan-hutan alam. Sejak pertanian dimulai sekitar 11.000 tahun yang lalu, area hutan yang luas telah dibuka untuk lahan pertanian dan pemukiman. Mulai tahun 1800-an, hamparan luas hutan juga telah lenyap karena penebangan dan polusi industri. Kerusakan hutan dan pengurangan jumlah luasan hutan disebut “deforestasi”.


Saat ini deforestasi sangat parah terjadi di seluruh belahan dunia, bahkan di hutan tropis yang paling terpencil seperti Hutan Indomalaya, Hutan Afrika Tengah, Hutan Amazon dan hutan boreal. Pada tahun 1940-an, hutan tropis mencakup sekitar 8,7 juta mil persegi (22,5 juta kilometer persegi) daratan bumi. Saat ini, hutan tropis yang tersisa setengah dari luas daerah itu. Jutaan hektar atau berhektar-hektar hutan tropis dirusak setiap tahun. Sejak 1800, wilayah besar hutan subtropis juga telah dibuka. Banyak bagian timur Amerika Utara, misalnya, memiliki kurang dari 2 persen hutan terdegradasi yang tersisa.

deforestation

Polusi industri memegang peranan penting penyebab utama deforestasi. Pabrik sering melepaskan gas beracun ke udara dan limbah berbahaya ke dalam danau dan sungai. Polusi udara dapat bersenyawa dengan hujan atau presipitasi lainnya dan jatuh ke bumi sebagai hujan asam. Hujan asam dan tubuh air tercemar dapat menghambat pertumbuhan tanaman atau bahkan mematikan tumbuhan-tumbuhan yang ada di hutan.

Deforestasi besar-besaran menciptakan banyak kelompok-kelompok kecil hutan tersisa, pulau yang terisolasi. Karena luasan hutan semakin kecil, maka kemampuan untuk mempertahankan kehidupan berbagai spesies tumbuhan menurun. Banyak hutan yang terdegradasi begitu parah oleh kegiatan penebangan dan tidak dilakukan regenerasi penanaman kembali hutan yang telah ditebang.
PRODUCTION FOREST

Musnahnya hutan telah menciptakan banyak masalah ekologi. Sebagai contoh, air hujan biasanya diserap oleh hutan sehingga tidak menyebabkan banjir. Ketika hutan ditebang terjadi banjir dan tanah longsor. Selain itu, kawasan hutan terus berkurang atau menurunkan, produksi oksigen dari fotosintesis juga menurun. Oksigen sangat penting bagi kelangsungan hidup organisme penghirup oksigen. Pada saat yang sama, karbon dioksida yang diserap oleh tumbuhan jumlahnya menurun yang dipergunakan untuk fotosintesis, sehingga jumlah karbon dioksida yang dilepaskan ke udara semakin meningkat. Hal ini menyebabkan cahaya panas dari matahari terperangkap pada permukaan bumi dan tidak dipantulkan kembali ke angkasa. Banyak ilmuwan percaya bahwa efek rumah kaca penyebab pemanasan global dan menjadi ancaman bagi kondisi iklim.
Kerusakan ekosistem hutan juga merusak banyak habitat makhluk hidup. Tak terhitung spesies fauna dan flora telah punah oleh deforestasi, dan banyak lagi yang dibunuh setiap tahun semakin meningkat.

Untuk mengatasi masalah ini, masyarakat dan pemerintah telah mencari solusi cara melestarikan hutan alam primer agar tidak terganggu oleh manusia. Perlindungan tersebut memungkinkan para ilmuwan dapat melakukan penelitian jangka panjang tentang bagaimana pertumbuhan hutan alam primer dan mempertahankan berbagai flora dan fauna yang hidup di sana. Penelitian-penelitian yang dimaksud sebagai informasi penyusunan makalah hutan, artikel hutan dan paper yang dapat menjadi bahan masukan bagi pemanfaatan hutan secara lestari.

Artikel Terkait :
 
Kerusakan Hutan :

SISTEM POLISIKLIS


Definisi dan Pengertian Sistem Polisiklis adalah Sistem yang diterapkan untuk pengelolaan hutan tropika basah yang umumnya dikembangkan berlandaskan atas permudaan alam.

Sistem Polisiklis adalah segala bentuk pengelolaan hutan dimana pemanfaatan hutan dilaksanakan secara selektif atau tebang pilih. Penerapan sistem ini akan terbentuk hutan campur, tersusun atas berbagai jenis dan berbagai kelas umur.

Usaha intensif dari penerapan sistem polisiklis belum memberikan hasil yang memuaskan Beberapa penyebabnya adalah :

  • Aksesibilitas areal pada umumnya rendah,
  • areal sulit dijangkau sehingga pelaksanaan dan pengawasan sulit dilakukan dengan baik.
  • Adanya keterbatasan dana.
  • Dasar silvikultur dan biologi yang belum dikuasai dengan baik.
  • Adanya campur tangan dalam pengambilan keputusan.

Pada Sistem polisiklis hal yang harus diperhatikan adalah :

  1. penentuan limit diamater pohon yang boleh ditebang
  2. penentuan panjang rotasi tebang

Hutan Produksi :

Artikel Terkait :

PENGERTIAN DAN DEFINISI HUTAN TROPIS


Pengertian dan Definisi dari Hutan tropis adalah hutan alam yang terletak di antara garis 23°27" Lintang Utara dan 23°27" Lintang Selatan, berada pada daerah iklim tropis. Hutan Tropis terdapat di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara, Australia bagian Utara, sebagian besar wilayah Afrika, Kepulauan Pasifik, Amerika Tengah dan sebagian besar wilayah Amerika Selatan. Luas dari daerah tropis mencakup 30 persen dari keseluruhan wilayah di permukaan bumi.

Di daerah hutan tropis hanya terdapat dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau, dengan curah hujan yang tinggi. Berbeda dengan daerah sub tropis atau temperate yang mempunyai empat musim yaitu musim panas (summer), musim gugur (autum), musim dingin (winter) dan musim semi (spring).

Keragaman jenis satwa maupun flora di daerah hutan tropis sangat tinggi dibandingkan pada lokasi yang lain. Kondisi habitat pada daerah hutan tropis sangat heterogen, menyebabkan muculnya keanekaragaman jenis yang tinggi. Keranekaragaman jenis yang terbesar terdapat pada hutan tropis di Asia Tenggara, kemudian hutan tropis Amazon setelah itu hutan tropis Afrika. Perkiraan jumlah spesies pohon di hutan tropis Asia Tenggara sebanyak 12.000 - 15.000 spesies, untuk hutan tropis Amazon Amerika Latin sebesar 5000 - 7000 spesies, sedang pada hutan tropis Afrika sebesar 2000 - 5000 spesies.

Struktur hutan tropis secara vertikal terdapat beberapa stratifikasi. Struktur vertikal hutan tropis berlapis-lapis disebut stratum yang terdiri dari :

  • Stratum bawah
  • Stratum tengah
  • Stratum atas
  • Pohon tertinggi

Richard (1952) membagi stratifikasi pada hutan tropis menjadi beberapa stratum tergantung kondisi hutan tropis tersebut, seperti Stratum A, Stratum B, Stratum C, Startum D, dan Stratum E.



Artikel Terkait :

DAMPAK NEGATIF INTERNET


Dipandang dari fungsi dan manfaatnya yang banyak Internet juga mempunyai dampak negatif bagi penggunanya. Beberapa dampak negatif yang dapat dirasakan dalam penggunaan internet adalah sebagai berikut :
1. Pornografi.
Internet tidak mengenal batas-batas negara yang berbeda adat kebudayaan dan kesusilaan, sehingga semua orang dengan mudah dapat mengakses situs-situs dari berbagai negara. Tentunya batasan-batasan kesusilaan dari suatu bangsa itu berbeda dengan bangsa yang lain, dengan arus globalisasi seperti ini anak-anak dibawah umur dapat mengakses situs-situs dewasa yang memuat pornografi.
2. Penipuan
Penipuan dalam internet dapat saja terjadi, contohnya penjualan produk secara online. Penjual dan pembeli tidak bertatap muka satu dengan yang lain. Pembayaran hanya melalui kartu kredit atau transfer bank. Hal ini yang sulit dikontrol apakah penjualan secara online itu fiktif atau memang ada.
3. Perjudian.
Internet dapat dijadikan media perjudian, karena pembayarannya hanya melalui kartu kredit atau juga transfer bank. Orang-orang yang tinggal berjauhan berlainan tempat bisa berhubungan satu sama lainnya hanya lewat internet.
4. Hubungan sosial di dunia nyata terabaikan.
Orang yang terus-menerus berada di Internet kadang melupakan kehidupan sosialnya bersama keluarga, saudara, tetangga atau teman-temannya. Mereka hanya menikmati kehidupan di dunia maya tanpa disadarinya kehidupan di dunia nyata menjadi terabaikan.
5. Kecanduan Internet.
Dengan kehidupan di dunia maya melalui jejaring sosial kadang menjadikan orang lupa waktu. Tugas-tugas dan tanggung jawab tidak bisa diselesaikan dengan baik karena waktu habis di depan Internet.

PENGERTIAN WEB HOSTING


Pengertian dan definisi web hosting berasal dari kata web dan host. Bila dilihat dalam kamus istilah host diterjemahkan menjadi tuan rumah atau menerima tamu. Tetapi dalam internet hosting merupakan suatu tempat penyimpanan file-file data atau server yang disediakan oleh suatu perusahaan layanan untuk disewakan. Istilah Web hosting merupakan sebuah bisnis atau jasa layanan teknologi internet penyediaan tempat penyimpanan file secara online, konektivitas jaringan dan layanan lain yang dibutuhkan untuk menyajikan file ke internet. Perusahaan yang menyediakan layanan webhosting disebut webhost, biasanya memberi informasi detail layanannya seperti kapasitas, data transfer dan konektivitas dalam suatu paket hosting.

Sebenarnya server webhosting adalah sebuah komputer biasa tetapi mempunyai kelebihan dari hardware dan software dasar untuk sebuah server, serta mempunyai kemampuan online 24 jam setiap hari atau sering disebut 24/7 artinya 24 jam 7 hari.

Macam dan jenis server atau hosting yang sering dipakai adalah:
  1. Shared Hosting adalah server hosting yang digunakan secara bersama-sama atau disharing. Di satu server ada terdapat lebih dari satu nama domain karena berbagai orang dapat memakainya. Dalam satu server hosting ada beberapa account, tetapi yang membedakan mereka antara account-account tersebut, masing-masing mempunyai username dan password.
  2. VPS singkatan dari Virtual Private Server atau Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Disebut virtual karena dimungkinkan untuk menginstall sistem operasi berbeda.
  3. Dedicated Server digunakan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Pada jenis ini penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
  4. Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
Untuk memilih Jasa Web Hosting yang baik perlu diperhatikan beberapa tips berikut ini. Jangan sampai salah memilih web hosting yang menyebabkan file-file yang sudah tersimpan hilang lenyap karena tidak profesionalnya pengelola jasa web hosting. Dibawah ini disajikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih web hosting :
  1. Perhatikan kebutuhan space dan bandwidth. Banyaknya artikel atau file baik itu berupa teks atau gambar yang akan disimpan memerlukan space tertentu. Banyaknya visitor dan besarnya file-file yang akan dilihat memerlukan bandwitdh yang memadai, jangan sampai bandwith yang tersedia tidak mencukupi sehingga website pada saat diakses tertera "Bandwidth Limit Exceeded". Bila sudah terlalu banyak pengunjung sehingga bandwitdh tidak memadai lagi silahkan pilih yang "Unlimited".
  2. Layanan dan fasilitas seperti software-software yang ada di hosting, misalnya softaculous atau Fantastico de luxe untuk menginstal CMS seperti wordpress atau Jomlaa, serta support dari jasa hosting yang siap membantu bila ada masalah atau kesulitan dengan website anda.
  3. Penargetan Pengunjung atau Visitor. Untuk visitor dari Indonesia pilih server IIX yang lokal untuk menghemat bandwidth. Untuk visitor global dari luar negeri terutama dari Amerika pilihlah Server US atau Amerika. Namun hal tersebut diatas tidak mutlak dilakukan.
  4. Menentukan harga yang sesuai. Bila untuk website pribadi biasa tentunya memilih paket hosting yang murah saja tidak perlu yang terlalu mahal mengingat pembiayaannya akan dilakukan tiap bulan atau tahun tergantung kontrak yang dilakukan.
Cara Menyewa Web Hosting
  1. Sebelum menyewa web hosting tentunya harus sudah mempunyai domain agar dapat dikoneksikan dengan hosting. Domain yang ada bisa didapat dari yang berbayar atau yang gratisan. Tetapi kalau belum punya domain tidak perlu khawatir karena biasanya jasa penyewaan hosting juga menyediakan jasa pendaftaran domain.
  2. Silahkan cek hosting-hosting mana saja yang sesuai dengan kapasitas yang akan dipakai. Cek kemampuan hosting paket-paket yang disediakan.Mencari jasa hosting bisa yang berada di Indonesia atau juga di luar negeri. Biasanya yang berada di luar negeri pembayaran sewa hostingnya menggunakan kartu kredit. Pembayaran Web Hosting Indonesia dapat juga menggunakan kartu kredit tetapi diberi kemudahan untuk melakukan pembayaran lewat transfer bank.
  3. Setelah memilih web hosting yang tepat, mungkin dari pencarian di Internet. Silahkan masuk pada bagian registrasi dari homepage jasa hosting. Kalau sudah mempunyai domain silahkan pilih saja jasa paket hostingnya, tetapi kalau belum ada pilih dulu domain yang akan dipergunakan.
  4. Silahkan cek ketersediaan nama domain, dan pilih paket hosting yang dikehendaki.
  5. Setelah memilih nama domain dan paket hosting silahkan masukkan ke dalam "keranjang belanja". Permintaan atau pesanan ini akan diverifikasi oleh penyedia jasa kemudian dikirim jumlah pembayaran yang harus dilakukan dan nomor rekening bank tujuan transfer.
  6. Setelah melakukan pembayaran, silahkan hubungi penyedia jasa hosting dan kirim bukti pembayaran yang sudah discan melalui email.
  7. Pembayaran yang dilakukan akan ditindaklanjuti dengan proses pendaftaran kemudian pengaktifan nama domain dan paket hosting yang dipilih.
  8. Setelah itu akan dikirim alamat url yang berisi "user dan password" untuk mengelola domain dan hosting tersebut. Silahkan daftar domain dan hosting disini >>>Daftar Domain - Sewa Hosting <<<
  9. Bila domain dan hosting berbayar merupakan suatu kesulitan, ada jalan keluarnya yaitu mempergunakan domain dan hosting gratis. Mau tau caranya??? silahkan baca "Cara membuat website menggunakan domain dan hosting gratis".

Artikel Terkait :

hosting hosting hosting

SEJARAH INTERNET


Sejarah awal adanya internet bermula dari persaingan antara Amerika Serikat dan Uni Sovyet. Uni Sovyet meluncurkan sebuah satelit bernama Sputnik pada tahun 1957. Peluncuran Sputnik ini dirasakan sebagai ancaman oleh Amerika Serikat. Presiden Dwight D. Eisenhower menyatakan perlunya membangun sebuah teknologi yang membuat Amerika Serikat tetap sebagai negara superior. Kemudian dibentuklah sebuah badan yang disebut Advanced Research Projects Agency (ARPA). ARPA barnaung di bawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Departemen of Defense (DoD).

Pada tahun 1969 DoD memberikan tugas kepada ARPA untuk membangun sebuah mata rantai komunikasi antara DoD dengan militer yang tidak dapat disabotase oleh musuh mereka. Jaringan komunikasi yang diciptakan ini desebut ARPAnet. Pada awalnya ARPAnet hanya menghubungkan empat buah situs, yaitu:
  • Stanford Research Institute (SRI)
  • University of California at Santa Barbara (UCSB)
  • University of California at Los Angeles (UCLA)
  • University of Utah
Pada tahun 1970, penelitian yang dilakukan di Standford University menghasilkan sebuah protokol yang disebut TCP/IP (transmission Conyrol Protocol/Internet Protocol).

Jika Bahasa Inggris disepakati sebagai bahasa resmi yang digunakan dalam relasi internasional, maka TCP/IP merupakan bahasa yang dimengerti oleh jaringan komputer berbasis sistem operasi apapun.

Dengan demikian internet dapat diakses oleh mereka yang menggunakan Windows, Linux, Mac, FreeBSD, hingga sistem operasi yang kurang populer semacam BeOS, karena di setiap sistem operasi tersebut terdapat protokol TCP/IP yang memungkinkan mereka saling berkomunikasi.
Protokol TCP/IP tidak hanya ada pada sistem operasi saja. Pada kenyataanya, setiap perangkat keras yang terhubung dalam jaringan pasti mendukung penggunaan TCP/IP.


Artikel Terkait :




DEFINISI DAN PENGERTIAN DOMAIN DALAM INTERNET



Definisi dan Pengertian dari DOMAIN yang terdapat dalam Kamus Bahasa Indonesia atau KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memberikan arti domain adalah wilayah; daerah; tanah. Namun pengertian dan definisi dari domain disini adalah suatu ruang atau space (baik secara fisik maupun abstrak) dimana sesuatu itu ada atau valid atau diselenggarakan. Pada teknologi informasi terutama dalam internet, kata domain selalu diidentikkan dengan suatu nama atau alamat di sebuah jaringan. Lebih terkhusus lagi domain didefinisikan sebagai suatu ALAMAT situs internet.

Bila kita ingin melihat suatu situs atau website, tinggal mengetik alamat situs tersebut pada addres bar browser. Misalnya kita ingin melihat halaman dari GOOGLE, alamat domain situs yang kita masukan adalah "google.com" pada Browser Mozilla Firefox bila kita mempergunakan browser tersebut. Jika suatu domain sudah ada pemiliknya atau sudah dibuat maka website tersebut akan muncul pada layar komputer, tetapi jika belum ada yang memiliki domain tersebut maka akan terjadi kemungkinan browser memberi petunjuk bahwa alamat yang dicari tidak ada atau kemungkinan lain domain tersebut akan di-redirect (diarahkan) ke halaman berisi iklan atau website tertentu.

Ada situs yang dapat dipergunakan untuk memeriksa domain yang masih tersedia ataupun identitas dari suatu domain. Situs yang dimaksudkan adalah "www.whois.net". Untuk menyelidiki apakah domain yang kita cari masih ada silahkan masukan nama domain tersebut pada kolom "Domain Lookup", kemudian pilih TLD (Top Level Domain; misalnya com, net, org.) melalui drop-down yang ada, dan klik tombol "Go!".

Domain dapat didaftarkan oleh seseorang atau suatu perusahaan/lembaga, misalnya menginginkan domain yang sesuai dengan nama orang, perusahaan/lembaga atau produk yang dibuat. Nama domain merupakan "identitas" dari nama seseorang atau "brand" suatu produk. Sehingga pemilihan nama domain dapat didasarkan oleh nama seseorang, perusahaan/lembaga atau produk.
Untuk mendaftarkan domain ada beberapa cara yang bisa dilakukan :

1. Mendaftar Domain langsung ke Registrar.
Cara ini bisa dilakukan jika sudah memiliki kartu kredit sendiri karena sistem pembayarannya menggunakan kartu kredit. Selain itu dibutuhkan kemampuan bahasa inggris (pasif) untuk dapat memahami pentunjuk yang diberikan dan pengelolaan domain. Keuntungan dari pendaftaran langsung adalah lebih cepat dan tidak tergantung orang lain dalam pengelolaannya. Pengelolaan domain yang dimaksudkan disini seperti membuat dan mengganti data kontak, mengubah setting name server, dan mengatur setting MX untuk keperluan email.

2. Mendaftar Domain melalui Reseller.
Ini cara selanjutnya yang lebih gampang karena sudah ada banyak reseller di Indonesia yang bersedia untuk mendaftarkan. Dengan mendaftar melalui reseller yang ada di Indonesia, masalah bahasa maupun pembayaran dapat disesuaikan, misalnya menggunakan bahasa Indonesia dan pembayarannya menggunakan transfer lewat bank. Umumnya reseller-reseller ini tidak hanya melakukan jasa registrasi domain tetapi juga menyediakan jasa hosting untuk website. Bahkan ada juga menyediakan jasa desain website. Jadi tinggal memilih sesuai dengan keinginan dan selera orang yang ingin mempunyai website. Bila ingin cara seperti ini silahkan daftar disini >>> Daftar Domain - Sewa Hosting<<<

3. Mendaftar Domain melalui Pihak Ketiga.
Cara ini lebih gampang lagi, anda tidak perlu online di Internet untuk melakukan pendaftaran, cukup mengisi formulir pendaftaran yang disediakan dan melakukan pembayaran. Dalam waktu 2 sampai 3 hari domain anda sudah aktif. Cara pendaftaran domain ini dilakukan untuk mereka yang kurang paham dengan internet atau tidak paham mengenai domain dan hosting, keinginan mereka hanya memiliki website untuk mempromosikan produknya. Biasanya paket ini langsung menyediakan paket pembuatan website.
Kelemahan cara ini jika suatu saat pihak ketiga tersebut tidak diketahui keberadaannya seperti tutup, maka pihak konstumer akan mengalami kesulitan untuk memperpanjang domainnya (renewal)

DOMAIN GRATIS.
Walaupun ada domain yang berbayar tetapi banyak sekali perusahaan yang menyediakan jasa domain gratis. Biasanya domain yang diberikan secara gratis adalah subdomain dari domain mereka. Misalnya domain gratis dapat didaftarkan di "dot.tk", "cu.cc", dan "webs.com". Sedangkan untuk hosting gratis dapat didaftarkan di "000webhost.com". Untuk membuat website menggunakan domain dan hosting gratis dapat dibaca disini >>> Bikin website menggunakan domain dan hosting gratis <<<



Artikel Terkait :
 
hosting hosting hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer