DEFINISI DAN PENGERTIAN AKAR TUMBUHAN (SILVIKULTUR)


Definisi dan pengertian dari akar tumbuhan adalah bagian tumbuh-tumbuhan yang berada di bawah permukaan tanah dan merupakan bagian yang sangat penting bagi tumbuh-tumbuhan karena fungsinya yang tidak saja sebagai penyangga tegak dan berdirinya batang tetapi juga untuk penyerapan air dan unsur-unsur hara.


Dalam budidaya tanaman hutan, perlakuan-perlakuan silvikultur hendaknya didasarkan pada sifat-sifat perakaran, karena penelitian-penelitian yang berkaitan dengan perakaran memang bukan hal yang mudah dilakukan.

Sifat-sifat akar pada pohon sangat bervariasi dari jenis ke jenis, dari individu ke individu pada jenis yang sama, dan bahkan pada akar yang berbeda pada individu yang sama. Pertumbuhan memanjang akar pada ke arah lateral umumnya berkaitan dengan kondisi tempat tumbuh, sementara pertumbuhan akar ke arah dalam dipengaruhi oleh sifat-sifat genetik.

Dari sudut pandang silvikultur, dinamika perkembangan akar sangat penting karena penyerapan air dan unsur-unsur hara tergantung pada kemampuan akar untuk tumbuh. Pada proses perkecambahan, akar pokok muncul dan memanjang dengan cepat, karena persediaan energi dan hara yang ada dalam biji.
Selanjutnya, tingkat pertumbuhan akar menurun dan tergantung pada kondisi tanahnya. Perkembangan akar erat kaitannya dengan tingkat kesuburan tanah, semakin subur tanah, semakin baik perkembangan akarnya.



Artikel Terkait :
  1. Struktur Morfologi dan Anatomi Akar Tumbuhan
  2. Bentuk Tipe Sistem Perakaran Tumbuhan
  3. Ciri-ciri Akar Tumbuhan
  4. Pengertian Akar Papan atau Banir
  5. Manfaat dan Fungsi Akar Tanaman
  6. Karakteristik Perakaran Pohon
  7. Distribusi dan Biomasa Perakaran Pohon
  8. Kecepatan Pertumbuhan Perakaran Pohon
  9. Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Akar
  10. Kemampuan Pertumbuhan Akar
  11. Patogen Akar
  12. Kontrol Perkembangan Akar Dalam Persemaian
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer