MANFAAT HUTAN UNTUK MENCEGAH BANJIR DAN KEKERINGAN


Tingkat curah hujan yang tinggi akibat pengaruh Badai Siklon Tropis di Indonesia membuat beberapa tempat di landa banjir.  Sangat menyedihkan sekali, mengapa setiap tahun banjir pasti terjadi di tempat kita. Belajar dari pengalaman yang ada tentu kita harus lebih bijak lagi untuk menata lingkungan hidup kita.

Bisakah ketika hujan datang, lebih banyak air yang terserap dan tersimpan di dalam tanah dibandingkan yang mengalir langsung ke laut. Bahkan air yang mengalir ini membawa berbagai material dari darat akibat tingginya proses erosi yang terjadi.


Air bisa diserap lebih banyak ke dalam tanah bila terdapat vegetasi di permukaan bumi. Semakin banyak vegetasi semakin tinggi tingkat penyerapan air ke dalam tanah atau yang dikenal dengan istilah infiltrasi. Vegetasi tersebut bisa berbentuk tumbuhan apa saja, terutama pohon-pohon yang rapat dengan cakupan areal yang luas. Suatu tempat yang ditumbuhi pepohonan dan mempunyai iklim mikro yang berbeda dengan di lingkungan sekitarnya, sering didefinisikan dengan “Hutan”.

Hutan memang mempunyai banyak manfaat, baik langsung maupun tidak langsung. Salah satunya adalah mencegah terjadinya banjir karena dengan kerapatan pohon pada areal yang cukup luas, penyerapan air ke dalam tanah dapat lebih baik dan disimpan di selah-selah perakaran pohon. Hutan sebagai pengatur tata air atau hidro-orologis dapat berfungsi dengan baik.


Air hujan yang jatuh tidak serta merta mengalir ke laut lewat aliran permukaan atau perkolasi, tetapi lebih lama dapat disimpan di dalam tanah.  Debit air pada sungai tidak terlalu meningkat dengan drastis ketika hujan datang, tetapi dapat dikontrol pelepasannya secara perlahan.

Ketika musim panas datang walaupun hujan tidak turun berbulan-bulan, air yang tersimpan di dalam tanah masih dapat dipergunakan. Inilah manfaat hutan yang memberi jaminan pada saat musim panas sehingga tidak terjadi kekeringan.

Namun apa yang terjadi sekarang ini sangat berbeda. Ketika hujan datang dengan curah hujan yang tinggi, daerah kita dilanda banjir bahkan sampai terjadi bencana banjir bandang. Bencana ini memakan korban harta bahkan sampai korban jiwa. Pada saat musim panas, daerah kita dilanda kekeringan, orang harus pergi mencari air sampai ber mil-mil jauhnya.

http://3.bp.blogspot.com/_ZS4K09jUwSs/TPH1SOWrvjI/AAAAAAAAADA/s_4amvuT0Uw/s1600/5452_Tsunami.jpg

Karena itu, marilah kita pelihara hutan kita dan menjaga lingkungan tetap sehat. Tanam pohon bila daerah kita sudah menjadi lahan kritis yang sudah tidak terdapat vegetasi diatasnnya. Belajarlah bagaimana cara menanam pohon yang baik dan benar. Lihat >>> www.silvikultur.com


Artikel Terkait :




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer