ADAPTASI POHON


Definisi dan Pengertian dari Adaptasi berkaitan dengan bagaimana kemampuan pohon untuk menyesuaikan diri secara fisiologis agar bertahan hidup, tumbuh baik, dan tahan hidup terhadap hama serta lingkungan yang merugikan. Untuk jenis eksotik dapat diartikan bagaimana pohon akan berdampak baik pada lingkungan barunya.

Salah satu faktor yang dapat menentukan kemampuan pohon beradaptasi dengan lingkungannya adalah sifat genetik. Ada pohon yang secara genetik dapat beradaptasi pada tempat-tempat yang ekstrim tetapi ada yang tidak dapat beradaptasi.

Secara ekologi kemampuan adaptasi dari pohon sangat beragam, ada pohon yang tersebar dalam kisaran range suhu yang luas tetapi ada pohon yang tersebar dalam kisaran range suhu yang sempit. Misalnya pohon tersebut hanya dapat hidup pada daerah tropis saja, tetapi ada pohon yang bisa hidup pada daerah tropis, subtropis bahkan pada daerah kutub yang sangat dingin.

Adaptasi pohon yang terjadi pada daerah kering yang terbatas persediaan air akan terlihat modifikasi dari lapisan lilin pada daun untuk memperkecil proses transpirasi.  Adapatasi terhadap daerah mangrove yang mempunyai salinitas tinggi dan tergenang secara periodik oleh air laut maka pohon membentuk akar nafas dan akar lutut yang keluar dari dalam tanah untuk mempermudah penyerapan oksigen.

Artikel Terkait :


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer