Endosperm dalam Biji


Endosperm adalah jaringan cadangan makanan bagi embryo, mempunyai chromosone 3n (triploid) pada angiospermae dan n (haploid) pada gymnospermae. Endosperm pada angiospermae berasal dari penyatuan salah satu sperm cell yang haploid dengan dua pollar nuclei (triple fusion) sehingga terbentuk jaringan yang triploid.

Tiga tipe pembentukan endosperm
  1. Tipe nuclear
  2. Tipe cellular
  3. Tipe helobial

Makanan Cadangan dalam Biji

  • Karbohidrat
Karbohidrat merupakan bagian yang terbesar pada kebanyakan biji. Terdapat sebagai zat tepung (starch) dalam bentuk disaccharides dan polysaccharides, dijumpai dalam embryo maupun endosperm
  • Lemak (fats)
Lemak dan minyak umumnya terdapat di dalam tumbuhan baik pada organ vegetatif maupun pada organ reproduktif, tetapi lebih banyak dalam biji sebagai makanan cadangan.
  • Protein
Kadar protein pada biji legumes umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan biji tanaman family lainnya.


Artikel Terkait :

Embryo


Embryo adalah suatu tumbuhan kecil (miniature plant). Setelah selesai pembuahan, maka sel telur berubah menjadi zygote yang diploid. Melalui pembelahan sel zygote ini menjadi pro-embryo dan seterusnya menjadi embryo matang yang diploid.


Artikel Terkait :

Pengertian Ovule



Pengertian dan definisi dari Ovule dapat diberi batasan sebagai nucellus yang dibungkus oleh integuments, atau suatu struktur di dalam ovary yang sesudah pembuahan berubah menjadi biji. Ovary berkembang menjadi buah.

Ovule merupakan salah satu bagian reproduktif dari tumbuhan. Bagian reproduktif dari tumbuhan secara umum adalah bunga, buah dan biji.


Artikel Terkait :

PENGERTIAN PEMBUAHAN


Buah yang kita makan sebagai pelengkap makanan dan menambah vitamin dalam tubuh, banyak dijual di pasaran. Namun apakah kita tahu bagaimana proses pembentukan buah.  Buah terbentuk dari bunga yang sudah mengalami proses penyerbukan dan pembuahaan. Lewat proses ini baru bisa terbentuk buah, yang di dalamnya terdapat biji yang merupakan bakal individu baru.

Pengertian dari Pembuahan (fertilization) adalah suatu peristiwa penyatuan salah satu inti sperma (sperm nucleus) yang dari pollen tube dengan inti telur (egg nucleus) berasal dari embryo sac.


Artikel Terkait :

Penyerbukan


Penyerbukan adalah Perpindahan atau jatuhnya tepungsari dari anther kepada stigma disebut penyerbukan (pollination)
  1. Penyerbukan sendiri (self pollination)
  2. Penyerbukan silang (cross polination)
Setelah Penyerbukan (Pollination) maka akan terjadi Pembuahan (fertilization).



Artikel Terkait :

Bioteknologi


Bioteknologi adalah Penerapan ilmu pengetahuan dan prinsip-prinsip teknologi dalam memproses suatu materi dengan menggunakan agen biologi untuk menghasilkan produk lanjutan dan layanan lainnya. Bioteknologi terdiri dari beberapa teknik penggunaan organisme hidup dan menghasilkan atau memodifikasi suatu produk, memuliakan tanaman atau binatang atau mengembangkan mikroorganisme untuk kepentingan ilmu pengetahuan. 

Artikel Terkait :

Kebun Benih


Kebun Benih adalah Suatu tanaman benih klon atau bibit dari biji pohon pilihan biasanya dengan kualitas genetik yang sudah terjamin. Tanaman isolasi dari pengurangan penyerbukan dari luar, penebangan pohon yang tidak diinginkan dan dikelola sejak dini untuk memproduksi benih skala besar.
  1. Kebun Benih Semai (Seedling Seed Orchard / SSO); Kebun benih dibangun dari induk terpilih melalui penyerbukan alam atau terkontrol.
  2. Kebun Benih Klonal (Clonal Seed Orchard / CSO ); Kebun benih dibangun dari klon terpilih dan diperbanyak dari sambungan, okulasi, cangkok atau stek akar dan batang.
  3. Kebun Benih Semai Ekstensif (Extensive Seedling Seed Orchard / ESSO ); Tegakan dibangun dengan bahan khusus dari campuran seimbang benih tidak kurang dari 60 induk terbaik (disarankan yang daya gabung dan sifat unggulnya telah terbukti) dan secara berangsur-angsur dijarangi. Identitas famili tidak dipertahankan di lapangan. lihat Arboretum pemuliaan, Benih Pohon yang bersertifikat, Klon, Isolasi, Zona dilusi serbut sari, Areal produksi benih, Benih dari tegakan terseleksi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer