Produktivitas Biologi

http://www.nkellogg.com/balance.jpg

Menurut Odum (1971), produktivitas adalah jumlah energi yang diikat dalam waktu tertentu. Produktivitas biologi berbeda dengan hasil dalam arti industri atau kimia. Produktivitas biologi berakhir pada produksi sejumlah bahan di dalam komunitas biologi, prosesnya berlangsung terus dengan berjalannya waktu, sehingga perlu untuk menyatakan satuan waktu. Misalnya jumlah makanan yang dibuat per hari per tahun.

Dalam istilah yang lebih umum, produktivitas ekosistem menunjukkan kekayaan ekosistem. Komunitas yang kaya atau produktif dapat memiliki jumlah organisme yang lebih besar dari komunitas yang kurang produktif, tetapi hal ini tidak selalu benar.

Seseorang tidak dapat mengukur produktivitas primer suatu sistem, atau produksi komponen populasi, hanya dengan menghitung atau menimbang saja organisme-organisme yang mungkin terdapat pada suatu saat tertentu, meskipun pendugaan yang baik mngenai produktivitas primer bersih dapat diperoleh dari data biomas. Di pihak lain, pergantian organisme menyebabkan biomass dapat memiliki hubungan langsung yang kecil saja dengan produktivitas.

Artikel Terkait :


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer